Beli Saham Dengan Nyicil, Kenapa Tidak…?

Nyicil Saham

Seri Lanjutan : Menjadi Kaya Belajar dr Nabi Yusuf A.S

Ass.Wr.Wb. Hallo Kawan Muslim…Hidup dijaman Now…, semua hal dan bidang kehidupan kita sudah tidak asing lagi dengan kata-kata “NYICIL”.

“nyicil rumah…”

“nyicil motor…”

“nyicil mobil…”

“nyicil tv…”

“nyicil hp…”

Luar biasa memang…hidup kita sudah dimudahkan dengan kredit dan hutang. Pernakah terbesit dalam diri kita, bagaimana kalo kita nyicil yang lebih produktif dan untuk masa depan, yaitu “NYICIL SAHAM”.

Ya…nyicil saham…sebagian orang memang membeli saham dengan sekaligus, tapi dengan dana kita yang terbatas, membeli saham juga dapat dilakukan dengan “MENYICIL” dan itu bukan kemustahilan, kalo memang anda memang benar-benar bersunggu hati untuk menghujudkannya…..

Dengan harga ratusan ribu kita sudah bisa memiliki saham sekelas perusahaan blue chip.

……Ironis, anda bisa menyicil motor, mobil, tv atau hp tapi tidak bisa menyicil saham yang akan menjadi harapan di masa depan anda….

Bagaimana kita menyicil saham, nyicil saham bisa kita lakukan setiap bulan. Misalnya kita punya dana 300rb setiap bulan, apa bisa dengan 300rb setiap bulan kita bisa beli saham….? Jawabannya adalah bisa…..!.

Ambil contoh misalnya saham KLBF (Kalbe Farma), harga per lot (1 lot = 100 lembar saham) dikasaran Rp. 1650, maka kita akan medapatkan saham 2 lot. Hal ini bisa kita lakukan bisa setiap bulan, dan dilakukan secara berkala.

Jika kita hitung secara sederhana*:

2 lot x 100 lembar x Rp. 1650 =  Rp.330.000

Dalam setahun 2 lot x 12 bln = 24 lot

Dalam 5 thn = 24 lot x 5 thn = 120 lot.

Keuntungan yang diperoleh yaitu :

  1. Keuntungan Dividen artinya jika perusahaan memiliki keuntung setiap tahun, anda akan mendapatkan dividen dari keuntungan yang diberikan bagi pemilik saham
  2. Keuntungan selisih beli dan jual yang disebut capital gain. Anda dapat menjual saham anda kapan saja, jika harga jual lebih tinggi dari harga beli.

*) hitungan tidak merepresentasikan kondisi yang sebenarnya

Dengan menyicil saham, maka kita sudah bisa memiliki saham dapat kita jadikan sebagai tabungan kita dimasa depan. Keuntungan yang didapat dari saham dapat dari selisih beli-jual (capital gain), dan dividen

Dengan tabungan saham, dapat dimanfaatkan untuk dana pensiunan, dana untuk menikah atau dana yang sifatnya jangka panjang. Sudah banyak yang membuktikan bahwa investasi saham memiliki return lebih baik dibandingkan dengan tabungan ataupun deposito.

Selamat Nyicil ……!

Semoga Bermanfaat.

Oleh : Muhammad Rizal Al-Islami