Menjadi Kaya Siapa Bilang Susah ? Belajar Dari Nabi Yusuf A.S

Menabung Kawan Muslim

Ass.Wr.Wb. Kawan Muslim. Didalam  Al-Quran, Allah telah memberikan pempelajaran bagi hamba-hambanya yang berakal. Pada Surat Yusuf, menjelaskan bagaiaman Allah memberikan pengetahuan kepada nabi Yusuf A.S untuk melakukan investasi dengan cerdas, bagaiamana nabi Yusuf melakukan sebagai bendahara negara mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan begitu sangat cermat dan baik.

Ketika seorang raja bermimpi tentang tujuh sapi yang gemuk-gemuk dan tujuh sapi yang kurus-kurus dan tujuh tangkai gandum yang hijau dan tujung tangkai gandum yang kering, dengan ilmu yang Allah berikan kepada Nabi Yusuf A.S, Nabi Yusuf dapat menjelaskan takbir mimpi seorarng raja.

“…Sesungguhnya aku bermimpi melihat tujuh ekor sapi betina yang gemuk dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus, tujuh tangkai (gandum) yang hijau dan (tujuh tangkai) yang lainnya yang kering…”(Q.S.Yusuf: 43)

Nabi Yusus A.S menerangkan takbir mimpi raja tersebut, “..Supaya kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana biasa; maka apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan dibulirnya kecuali sedikit untuk kamu makan”(QS.Yusuf: 47).

Lalu Nabi Yusuf melanjutkan penjelasan tentang takbir mimpi yang dialami raja “Kemudian sesudah itu akan datang tujuh tahun yang amat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya (tahun sulit), kecuali sedikit dari (bibit gandum) yang kamu simpan” (QS.Yusuf: 48)

Dengan mimpi raja, takbir mimpi yang dijelaskan oleh Nabi Yusuf, kita dapat mendapatkan pembelajaran, sangat jelas bahwa pada saat kita dalam keadaan diberikan reziki dan masa muda, ada masa depan yang harus kita siapkan, ada yang dapat kita simpan/tabung/investasikan untuk masa depan kita, agar terhindar dari kesulitan di masa yang akan datang, yang kita tidak ketahui.

Coba anda renungkan dan lihat sudah banyak orang-orang yang dimasa mudanya bergelimang harta, diberikan harta yang melimpah, tapi pada saat tua mereka menjadi miskin atau terlunta-lunta, sangat ironis bukan…..

Dari uraian yang telah disampaikan diatas, apakah kita tidak bertanya dalam diri kita Kawan Muslim…:

  • Sudahkah kita mempersiapkan masa depan kita…?
  • Sudahkah kita hidup dalam kesederhanaan untuk mengapai hidup yang lebih baik masa yang akan datang…?
  • Sudahkan kita melakukan investasi untuk kehidupan kita…?

Jawaban umum dari kita adalah

nanti saja, masih banyak keperluan…”,

engga ada duit buat disisihkan….”,

 “kenapa harus investasi, belum tentu kita hidup sampa tua.….”,

uangnya habis buat bayar utang, cicilan, dan keperluaan sehari-hari…”.

Itulah jawaban yang sering kita dengar dari semua orang pada umumnya, karena tuntutan dan gaya hidup menjadi alas an mengalahkan investasi.

Banyak cara yang dilakukan untuk bisa untuk investasi, dari menabung, medepositokan, investasi reksadana, dan saham. Untuk hal ini saya akan membuat cerita yang berbeda.

Al-Quran sudah memberikan pelajaran yang luar biasa hebatnya, dengan sosok Nabi Yusuf yang menjadi investor yang hebat, sehingga dengan strategi yang dijalankannya Nabi Yusuf dapat menyelamatkan Negeri Mesir dari kesulitan dan musim penceklik yang hebat, tentu semua dengan petunjuk dan tuntunan Allah.S.W.T

Ayo..Kawan Muslim Now…! Mulai Sekarang…..! tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah kebaikan….. untuk masa depan anda yang lebih baik..Insyallah..Amin

Semoga Bermanfaat.

Wassalam

Muhammad Rizal Al-Islami