Kiat Mengeratkan Silaturahim

Kawan Muslim Silaturahim

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Dialah yang telah menciptakan kita, melimpahi kita dengan rezeki yang tiada pernah bisa kita menghitungnya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Allah Swt berfirman,.. dan (peliharalah) hubungan silaturahim..(QS. An Nisaa [4] : 1)

Silaturahim adalah tersambungnya hati. Karena, banyak yang secara fisik saling berdekatan, tapi hatinya saling berjauhan. Namun, banyak juga yang secara fisik saling berjauhan, tapi hati dekat.

Berikut ini beberapa kiat yang terangkum dalam 2B2L, supaya silaturahim antara kita dengan saudara kita semakin erat terjaga.

Pertama,bijak menyikapi kekurangan dan kesalahan orang lain. Tidak ada manusia yang sempurna dan suci dari kesalahan, setiap orang adalah tempatnya salah dan lupa. Kekurangan orang lain semestinya menjadi ladang amal bagi kita untuk saling mengingatkan dalam kebaikan dan menjadikan kesalahan orang lain sebagai pelajaran untuk tidak diikuti.

Kedua,berani melihat kebaikan dan jasa orang lain. Untuk apa? Untuk kita balas sebagai ungkapan rasa terima kasih. Karena berterima kasih kepada manusia adalah bagian dari sikap bersyukur kepada Allah Swt. Rasulullah Saw bersabda,Barangsiapa yang tidak bersyukur (berterimakasih) kepada manusia, maka dia tidak bersyukur kepada Allah.(HR. Tirmidzi)

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar (telah dipublikasikan di inilah.com)